Saturday 6 June 2015

Makalah Pengembangan Cita - Cita

Pengembangan Cita-Cita

Cita-cita atau tujuan hidup ini hanya bisa diraih jika kita memiliki motivasi yang kuat dalam diri kita. Tanpa motivasi apapun, sulit sekali kita menggapai apa yang kita cita-citakan. Tapi tak dapat dipungkiri, memang cukup sulit membangun motivasi di dalam diri sendiri. Bahkan mungkin kita tidak tahu pasti bagaimana cara membangun motivasi di dalam diri sendiri. Padahal sesungguhnya banyak hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan motivasi tersebut.
Caranya? coba simak tips berikut ini:


1. Ciptakan sensasi
Ciptakan sesuatu yang dapat “membangunkan” dan membangkitkan gairah kita saat pagi menjelang. Misalnya, kita berpikir esok hari harus mendapatkan keuntungan 1 milyar rupiah. Walau kedengarannya mustahil, tapi sensasi ini kadang memacu semangat kita untuk berkarya lebih baik lagi melebihi apa yang sudah kita lakukan kemarin.
2. Kembangkan terus tujuan kita
Jangan pernah terpaku pada satu tujuan yang sederhana. Tujuan hidup yang terlalu sederhana membuat kita tidak memiliki kekuatan lebih. Padahal untuk meraih sesuatu kita memerlukan tantangan yang lebih besar, untuk mengerahkan kekuatan kita yang sebenarnya. Tujuan hidup yang besar akan membangkitkan motivasi dan kekuatan tersendiri dalam hidup kita.
3. Memikirkan saat kematian datang
Kita perlu memikirkan saat kematian datang, meskipun gejala ke arah itu tidak dapat diprediksikan. Membayangkan saat-saat terakhir dalam hidup ini sesungguhnya merupakan saat-saat yang sangat sensasional. Kita dapat membayangkan ‘flash back’ dalam kehidupan kita. Sejak kita menjalani masa kanak-kanak, remaja, hingga tampil sebagai pribadi yang dewasa dan mandiri. Jika kita membayangkan ‘ajal’ kita sudah dekat, akan memotivasi kita untuk berbuat lebih banyak lagi selama hidup kita.
4. Tinggalkan teman yang tidak perlu
Jangan ragu untuk meninggalkan teman-teman yang tidak dapat mendorong kita mencapai tujuan. Sebab, siapapun teman kita, seharusnya mampu membawa kita pada perubahan yang lebih baik. Ketahuilah bergaul dengan orang-orang yang optimis akan membuat kita berpikir optimis pula. Bersama mereka hidup ini terasa lebih menyenangkan dan penuh motivasi.
5. Hampiri bayangan ketakutan
Saat kita dibayang-bayangi kecemasan dan ketakutan, jangan melarikan diri dari bayangan tersebut. Misalnya selama ini kita takut akan menghadapi masa depan yang buruk. Datang dan nikmati rasa takut kita dengan mencoba mengatasinya. Saat kita berhasil mengatasi rasa takut, saat itu kita telah berhasil meningkatkan keyakinan diri bahwa kita mampu mencapai hidup yang lebih baik.
6. Ucapkan “selamat datang” pada setiap masalah
Jalan untuk mencapai tujuan tidak selamanya semulus jalan tol. Suatu saat kita akan menghadapi jalan terjal, menanjak dan penuh bebatuan. Jangan memutar arah untuk mengambil jalan pintas. Hadapi terus jalan tersebut dan pikirkan cara terbaik untuk bisa melewatinya. Jika kita memandang masalah sebagai sesuatu yang mengerikan, kita akan semakin sulit termotivasi. Sebaliknya bila kita selalu siap menghadapi setiap masalah, kita seakan memiliki energi dan semangat berlebih untuk mencapai tujuan kita.
7. Mulailah dengan rasa senang
Jangan pernah merasa terbebani dengan tujuan hidup kita. Coba nikmati hidup dan jalan yang kita tempuh. Jika sejak awal kita sudah merasa ‘tidak suka’ rasanya motivasi hidup tidak akan pernah kita miliki.
8. Berlatih dengan keras
Tidak bisa tidak, kita harus berlatih terus bila ingin mendapatkan hasil terbaik. Pada dasarnya tidak ada yang tidak dapat kita raih jika kita terus berusaha keras. Semakin giat berlatih semakin mudah pula mengatasi setiap kesulitan.
Motivasi dapat menumbuhkan semangat dalam mencapai tujuan. Motivasi yang kuat di dalam diri, kita akan memiliki apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri dan hidup ini. Sehingga kita tidak akan ragu untuk melangkah ke depan, yaitu mencapai visi hidup kita.

9. Mindset Dan Pola Pikir
Setiap orang pasti memiliki Mindset dan pola pikir yang ada pada diri sendiri,sebelum kita membahas tentang Mindset dan pola pikir,kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Mindset dan pola pikir??? Mindset dan pola pikir memiliki arti yang sama namun kata mindset terdiri dari atas dua kata yakni “mind” dan “set”. Mind merupakan sumber pikiran dan memori atau pusat kesadaran yg menghasilkan pikiran, perasaan, ide, dan menyimpan pengetahuan dan memori tentang segala macam hal-hal yang pernah dilakukan sendiri maupun kejadian apa saja yang dibaca, dilihat, dan dilakukan diri sendiri maupun orang lain. Sedangkan set adalah kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang; atau suatu cara berpikir yang menentukan prilaku dan pandangan, sikap dan masa depan seseorang. Dengan demikian MINDSET atau POLA PIKIR itu : adalah kepercayaan atau sekumpulan kepercayaan atau cara berpikir yg mempengaruhi prilaku dan sikap seseorang yg akhirnya menentukan level  keberhasilan hidupnya.
Setiap manusia pasti memiliki ide,pendapat,rencana serta cita – cita itu semua diolah oleh otak,akal,pikiran dan selalu dipengaruhi oleh sikap dan prilaku.

10. Cara-Cara Merubah Pola Pikir
Mengapa manusia sulit berubah pola pikirnya? Merubah pola pikir/mindset seseorang hendaknya dengan cara lebih dahulu merubah :

  1. kepercayaan,
  2. Sistem Prilaku adalah cara kita berinteraksi dengan dunia luar, juga interaksi kita dengan realitas sebagaimana kita mengerti realitas itu.
  3. 3.Sistem Berpikir berlaku sebagai filter dua arah yang menerjemahkan berbagai kejadian atau pengalaman yang kita alami menjadi suatu kepercayaan.
Perubahan Pola Pikir seseorang tergantung keyakinannya: yakin bahwa bisa merubah pola pikirnya dari tidak bisa menjadi bisa.yakin bahwa ia bisa berhasil meraih sesuatu sebelum melihat kenyataan hasilnya. Punya cita-cita dan keberanian untuk mewujudkan impiannya jadi kenyataan. Punya sikap dan pendirian yang jelas Impian yang tinggi, cita-cita yang tinggi tanpa keyakinan dan strategi untuk mencapainya kita tidak pernah akan berhasil.
Pola Pikir kita, terbentuk atau tertanam sejak kita lahir. Sejak itu pikiran kita mulai terprogram sesuai kondisi kita ( kondisi keluarga, sosial dan psikologis, media masa, dan lain sebagainya. Apapun yg kita alami akan masuk ke pikiran bawah sadar dan menjadi program pikiran. Pada akhirnya situasi ini melahirkan keyakinan yang susah dirubah begitu saja. Sebuah masalah besar yang selalu dimiliki manusia adalah bahwa kecenderungan prilaku manusia untuk selalu tetap di posisi yangg sama.

11. Pengembangan Potensi Diri
Potensi atau “to potent” dalam bahasa Inggris, mempunyai arti yaitu  kekuatan atau power.  Dan menurut Prof. DR. Buchari Zainun, MPA potensi adalah “daya”. Yang dapat bersifat positif dalam bentuk kekuatan dan negatif  dalam bentuk kelemahan.
Sedangkan menurut kamus umum bahasa Indonesia potensi adalah  kemampuan-kemampuan dan kualitas-kualitas yang dimiliki seseorang namun belum dipergunakan secara maksimal”. Potensi- potensi  tersebut antara lain adalah yang berhubungan dengan ; (1) Kemampuan dasar  contohnya yaitu intelegensia; (2) Kepribadian.; (3)  Sikap kerja misalnya ketekunan, ketelitian, dls.
 Setiap individu sebetulnya punya potensi diri,  namun demikian tidak semua individu bisa menggunakan potensinya dengan baik, tergantung bagaimana individu tersebut mampu mengembangkan potensi  yang ada di dalam dirinya, . dan yang diharapkan tentu  pengembangan potensi tersebut menuju kearah yang lebih baik.
 Pengembangan potensi diri ini  merupakan suatu usaha yang terus menerus dilakukan untuk menuju kearah  penguasaan pribadi  atau lebih dikenal dengan personal mastery, yang nantinya akan  dapat membentuk pribadi yang mantap dan sukses  untuk meraih harapan dan cita-cita.
 Pribadi yang mantap itu  pribadi yang dewasa secara mental. Seseorang yang telah memiliki pribadi yang mantap biasanya akan dengan mudah menerima kelebihan dan kekurangan diri  sendiri, juga dapat memahami dan menerima bahwa potensi yang dimiliki setiap orang itu tidak  sama, selain itu mereka juga mau menerima kritikan, punya rasa humor, tidak mudah menyerah, punya falsafah hidup yang baik dan  selalu mau menolong orang yang membutuhkan.
 Sedangkan pribadi yang sukses adalah pribadi yang dapat  mengalahkan segala unsur yang negatif yang ada dalam dirinya.
 Dalam upaya mengembangkan  potensi diri,  yang pertama harus dilakukan adalah mengenal diri sendiri,  karena dengan mengenali diri sendiri tentu akan bisa membantu mengetahui  segala kemampuan yang dimilikinya, dan  selanjutnya tentu akan dapat menentukan kekuatan dan kelemahan dirii pribadinya.

Berbagai aspek akan menjadi faktor pendukung  atau mungkin faktor penghambat  dalam upaya pengembangan potensi diri tersebut,  dan dari semua aspek  yang ditemui haruslah diarahkan pada pencapaian harapan dan cita-cita yang telah di tentukan.
 Untuk bisa mencapai harapan dan cita-cita tersebut   kita harus peduli serta punya dorongan dan motivasi  baik terhadap cita-cita itu sendiri maupun terhadap situasi dan kondisi lingkungan, yang mungkin mempengaruhi.
 Berbagai hal  yang dapat mendukung upaya pengembangan potensi diri diantaranya adalah dengan :
  • Memiliki budaya belajar yang tinggi.
  • Memahami dan dapat melakukan cara  berkomunikasi secara efektif
  • Mempunyai  kreativitas yang tinggi, sehingga memunculkan banyak inovasi
  • Mempunyai berperilaku asertif, dimana semua orang tidak merasa tertekan dan menerima dengan lapang dada.
  • Menghargai waktu termasuk memanfaatkan setiap peluang yang ada. 

Pengembangan potensi diri dapat dikatakan berhasil jika  tujuan, atau cita-cita yang selama ini menjadi target sudah tercapai, begitu juga dalam upaya mewujudkan, “keluarga berkualitas”, pengembangan potensi diri ini dilakukan melalui pelaksanan fungsi-fungsi keluarga secara  baik dan menghasilkan sesuatu yang bermakna.
PENUTUP

Demikian yang dapat kami uraikan {engembangan Cita-Cita yang menjadi pokok bahasan dalam Makalah ini. Karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan dari Makalah ini oleh sebab itu, kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan demi sempurnanya Makalah ini dan penulisan Makalah berikutnya
Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

Versi Word, Download DISINI
Apabila anda masuk https://adf.ly/ , cukup tunggu sebentar sampai muncul tombol dengan tulisan SKIP AD pada pojok kanan atas, lalu klik tombol tersebut.

No comments:

Post a Comment